UPT. PUSKESMAS PENANGGAL

21 Agustus 2022   79 kali  
Pelayanan Dokter Muter di Hunian Tetap (Huntap) Desa Sumbermujur Oleh Puskesmas Penanggal
Pelayanan Dokter Muter di Hunian Tetap (Huntap) Desa Sumbermujur Oleh Puskesmas Penanggal

Pada tanggal 24 Agustus 2022 UPT Puskesmas Penanggal bersama dengan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lumajang mengadakan kegiatan Dokter Muter di Hunian Tetap (Huntap) korban erupsi gunung Semeru desa Sumbermujur, kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Kegiatan Dokter Muter di Huntap ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan di tahun 2022 dimana yang sebelumnya dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2022.

Dokter Muter merupakan inovasi kesehatan dari Dinas Kesehatan, Pengendalian  Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lumajang sebagai bentuk penguatan akses pelayanan kesehatan yang dilakukan dengan jemput bola, mendatangi pasien dan masyarakat sampai pelosok pedesaan yaitu dengan pelayanan kesehatan yang mudah, terjangkau dan cepat. Kegiatan Dokter Muter ini memiliki dua kendaraan yang di dalamnya terdapat fasilitas peralatan kesehatan terpadu dan terintegrasi sesuai kebutuhan masyarakat dengan peralatan medis yang cukup lengkap termasuk pelayanan USG dan pelayanan gigi. Inovasi Dokter Muter diharapkan dapat memeratakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat hingga ke pelosok pedesaan di wilayah Kabupaten Lumajang.

Pelayanan yang diberikan pada kegiatan Dokter Muter yang dilaksanakan di Huntap korban erupsi gunung Semeru desa Sumbermujur pada tanggal 24 Agustus 2022 diantaranya yaitu pemeriksaan USG, pemeriksaan gigi, pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, pelayanan farmasi, posyandu balita, konseling ibu hamil, serta penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan oleh petugas-petugas kesehatan UPT Puskesmas Penanggal.

Kegiatan Dokter Muter yang dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Penanggal bersama dengan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lumajang diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya bagi masyarakat di wilayah kerja UPT Puskesmas Penanggal serta meningkatkan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh UPT Puskesmas Penanggal baik dari segi fasilitas dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Banyak Dibaca