UPT. PUSKESMAS PENANGGAL

15 September 2022   235 kali  
Puskesmas Penanggal melakukan Pendampingan ke Pondok Pesantren
Puskesmas Penanggal melakukan Pendampingan ke Pondok Pesantren

Kegiatan pendampingan Pondok Pesantren oleh UPT Puskesmas Penanggal dilaksanakan pada tanggal 15 September 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Riyadlul Huda desa Tumpeng dan Pondok Pesantren Wahyu Hidayatul Islam desa Kloposawit. Pada kegiatan ini dilakukan pengkajian Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren), pengkajian sanitasi dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan Pondok Pesantren, serta pemberian edukasi kepada pengurus dan santri. Kegiatan Pendampingan Pondok Pesantren ini bertujuan untuk meningkatkan status kesehatan di lingkungan pondok terutama perilaku hidup bersih dan sehat sangat ditekankan di lingkungan Pondok Pesantren.

            Terwujudnya pesantren sehat perlu adanya kepedulian dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayah pesantren yaitu dengan mendorong masyarakat di lingkungan pondok pesantren untuk terus mengedepankan upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif. Tak hanya itu, tujuan dari kegiatan pendampingan pondok pesantren juga mampu menekankan kemandirian warga pondok pesantren agar bisa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan pesantren maupun saat mereka kembali ke masyarakat nanti.

Kegiatan Pendampingan Pondok Pesantren oleh UPT Puskesmas Penanggal dilakukan untuk meningkatkan kemandirian seluruh warga pondok pesantren untuk mengidentifikasi masalah kesehatan yang ada di pondok pesantren tersebut. Kader santri husada berperan sangat penting sebagai penggerak dan pemberi contoh dalam kegiatan preventif dan promotif dalam pencegahan penyakit.

Banyak Dibaca