UPT. PUSKESMAS PENANGGAL

30 September 2022   72 kali  
Pembekalan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Berbahan Pangan Lokal untuk Ibu Hamil Kekurangan Energi
Pembekalan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Berbahan Pangan Lokal untuk Ibu Hamil Kekurangan Energi

Pada hari Jumat, 30 September 2022 UPT Puskesmas Penanggal mengadakan  kegiatan pembekalan kepada 5 bidan desa 50 kader posyandu terkait Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbahan pangan lokal untuk ibu hamil KEK dan balita gizi kurang. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang pertemuan UPT Puskesmas Penanggal.

Kegiatan pembekalan yang disampaikan kepada para kader diantaranya berkenaan dengan edukasi PMT yang berbahan baku dari bahan pangan lokal daerah yg mudah didapat, metode PMT berbasis pangan lokal bagi  anak balita  dan ibu hamil dalam upaya pencegahan serta pemulihan kasus stunting, disertai dengan demo pembuatan PMT lokal.

 Adanya pembekalan pemerian PMT lokal ini bertujuan agar para kader posyandu dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan mengenai pentingnya memperhatikan gizi makanan pada ibu hamil KEK dan anak balita dalam mencegah terjadinya stunting pada anak yang dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan.

Dalam kegiatan ini diharapkan semua pihak turut berpartisipasi aktif, karena penyebab gizi kurang pada balita dan ibu hamil dengan kekurangan energi kronis (KEK) bukan karena faktor ekonomi saja, tetapi faktor pola asuh dan pola makan yang belum benar.

Banyak Dibaca