UPT. PUSKESMAS PENANGGAL

18 Oktober 2022   74 kali  
KEGIATAN POSYANDU OLEH PUSKESMAS PENANGGAL DI PUSKESMAS PEMBANTU MAHAMERU
KEGIATAN POSYANDU OLEH PUSKESMAS PENANGGAL DI PUSKESMAS PEMBANTU MAHAMERU

Pada hari Selasa Tanggal 18 Oktober 2022 petugas Puskesmas Penanggal melakukan kegiatan posyandu di Pustu Mahameru. Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Melalui posyandu ini pelayanan yang diberikan kepada masyarakat huntap dan huntara kepada ibu hamil mencakup pemeriksaan kehamilan dan pemantauan gizi. Tak hanya pemeriksaan, ibu hamil juga dapat melakukan konsultasi terkait persiapan persalinan dan pemberian ASI.

Selain pelayanan kepada ibu hamil pelayanan posyandu diberikan kepada bayi dan balita. Hal ini penting dilakukan untuk memantau tumbuh kembang anak dan mendeteksi gangguan tumbuh kembang anak sejak dini. Jenis pelayanan yang diselenggarakan posyandu untuk balita meliputi  penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala anak, evaluasi tumbuh kembang, serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang. Hasil pemeriksaan tersebut kemudian dicatat di dalam buku KIA (kesehatan ibu dan anak) atau KMS (kartu menuju sehat).

Selain itu kegiatan pemberian imunisasi kepada anak juga dilaksanakan pada kegiatan posyandu ini, imunisasi yang diberikan meliputi pemberian imuisasi polioBCGcampak, dan DPT-HB-HiB, hal ini dilaksanakan agar terbentuk kekebalan seumur hidup terhadap bayi dan balita sehingga dapat terlindungi dari berbagai macam penyakit.

Posyandu juga dapat menjadi sarana bagi para ibu untuk menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak, baik dengan petugas kesehatan maupun dengan peserta posyandu lainnya. Dengan pengetahuan yang baik, diharapkan kualitas kesehatan ibu dan anak dapat meningkat.

Ayo ke Posyandu. Posyandu Menjaga Anak dan Ibu Tetap Sehat............

Banyak Dibaca